Mabda Dzikara: MIB Harus Menjadi Kantung Pemberdayaan Alumni

MIB.or.id, Bogor: Sabtu pagi (25/05/2016) rangkaian acara pelantikan angkatan 8 MIB dimulai dengan sesi materi yang diisi oleh Ka Mabda Dzikara yang menerangkan tentang ke-MIB-an setelah sebelumnya para peserta mendapatkan materi tentang kepemimpinan yang disampaikan oleh Ka Akhdan Aufa.

Bertempat di aula villa hakim 2 Cisarua Bogor, dalam penyampainyan, beliau menjelaskan tentang peranan MIB yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi para anggota MIB secara khusus dan para alumni Pondok Pesantren Daar el-Qolam secara umum untuk dapat mengaktualisasikan diri mereka setelah mereka lulus dari pesantren.

“Sebagai sebuah komunitas, MIB harus dapat menjadi kantung-kantung kecil pemberdayaan alumni Daar el-Qolam selepas mereka lulus dari pesantren. Diharapkan dengan wadah ini, para anggota dan alumni dapat berkontribusi positif dalam menjaga dinamika keagamaan dan kebangsaan di Indonesia kelak”, ungkapnya.

Beliau juga menambahkan, bahwa dengan adanya kegiatan pelantikan semacam ini diharapkan dapat membentuk jiwa kepemimpinan para anggota MIB dan menumbuhkan jiwa sosial keagamaan yang kuat dalam diri mereka.

Dalam penyampiannya, beliau juga menjelaskan berbagai macam hal tentang MIB seperti sejarah berdirinya, tujuan didirikannya, kegiatan yang dilaksanakan, dan harapan-harapan lain kepada para peserta pelantikan.